Senin, 06 Desember 2010

Ingin Perjalanan Liburan Enjoy?

APAKAH Anda sedang merencanakan liburan keluarga ke luar daerah atau mungkin perjalanan untuk mengunjungi rumah kakek dan nenek di desa.

Perhitungkan semuanya secara matang. Mulai dari uang, bekal makanan, sampai kemacetan lalu lintas. Apalagi bila Anda membawa serta si kecil, tentu persiapan mesti lebih matang lagi agar dia tidak rewel sehingga membuat repot sepanjang jalan.



Untuk membantu menyusun persiapan liburan yang asyik, berikut ini beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan, dikutip dari She Knows.

  • Buat daftar kebutuhan

Setelah Anda selesai memesan tiket perjalanan atau menyelesaikan susunan rencana liburan, segeralah membuat daftar berbagai kebutuhan yang mungkin akan Anda butuhkan selama perjalanan.

Apalagi, jika Anda membawa si kecil, Anda mesti memasukkan kebutuhannya. Misalnya, selimut bayi, mainan, atau mungkin obat-obatan.

  • Berikan diri Anda waktu ekstra

Setiap perjalanan, entah itu dekat atau jauh, terkadang ada saja masalah yang muncul. Misalnya, kemacetan lalu lintas, paspor salah atau anak-anak rewel sehingga pemberangkatan menjadi terlambat.

Jadi, agar Anda tidak terlambat (misalnya ke bandara), sebaiknya Anda berangkat lebih awal lagi.

  • Pikirkan kenyamanan daripada penampilan

Pastikan Anda mengenakan pakaian yang nyaman sebelum melakukan perjalanan. Pakaian ketat atau yang berukuran mini, bisa jadi meningkatkan penampilan Anda. Tapi pakaian seperti ini bisa jadi bencana. Jika Anda melakukan perjalanan jauh, pakaian seperti itu bisa membuat Anda merasa sesak di kursi kendaraan.

  • Jangan sampai kehausan

Minum cukup saat perjalanan bisa menangkal kelelahan dan stres. Jika Anda melakukan perjalanan dengan mengemudi kendaraan sendiri atau naik bus, berbekal air minum sangatlah dianjurkan.

  • Jangan sampai kelaparan

Rasa lapar saat melakukan perjalanan bisa meningkatkan stres. Selain itu, kelaparan akan membuat Anda tidak bisa menikmati perjalanan yang harusnya menyenangkan.

Jadi, sebelum berangkat, Anda harus makan dulu. Sebaiknya, Anda juga membawa bekal makanan. Misalnya, snack sehat, kacang, atau apel. Makanan ini dapat meningkatkan energi Anda, terutama jika Anda menyetir kendaraan sendiri.

  • Jangan sampai anak rewel

Jika Anda membawa anak, berarti Anda harus membawa buku favoritnya, game, atau boneka. Ini untuk mengurangi kebosanan mereka selama perjalanan. Tentu saja agar mereka tidak rewel.

  • Sadar bahwa Anda tidak bisa mengendalikan semuanya

Jika Anda membawa mobil sendiri, berhentilah sejenak jika lelah. Ambil napas panjang dan menghitung sampai 10. Ketahuilah bahwa perjalanan melibatkan banyak hal dan Anda tidak bisa mengendalikan semuanya. Ketenangan itu untuk membuat Anda tidak frustrasi dan stres.

Jika Anda naik bus atau pesawat, duduklah dengan tenang sambil mengambil nafas secara teratur dan lepaskan kepenatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar