Kamis, 23 Desember 2010

Wisata Gratis di Istana Presiden Jakarta

TEMPAT wisata menarik dan unik sekarang bisa Anda kunjungi di Jakarta lho. Yakni Istana Merdeka Jakarta di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Siapapun bisa datang untuk mengikuti tur gratis ini.

Dengan demikian, Anda yang selama ini hanya dapat melihatnya di layar televisi, kini dapat leluasa menyaksikan apa saja yang ada di kompleks istana yang dibangun pada 1879 itu.

Di kompleks istana, selain terdiri dari bangunan-bangunan bersejarah juga terdapat taman yang luas sekali. Taman ini berada di belakang Istana Merdeka atau depan Istana Negara dan Kantor Kepresidenan.

Ada pohon tua yang ukurannya besar sekali dengan bentuk yang melengkung ke bawah di taman yang sering digunakan untuk event-event kenegaraaan itu.

Di dekat pohon, berdiri beberapa patung yang yang menggambarkan anak-anak kecil sedang bermain di atas rumput. Selain itu, terdapat beberapa benda bernilai sejarah lainnya.

Bila Anda datang siang hari, Anda akan disambut kicauan burung yang banyak hinggap di atas pohon rindang di sekeliling komplek pusat kegiatan pemerintahan RI ini. Lebih baik, tidak diceritakan secara mendetail ya, supaya Anda penasaran untuk datang. hehehe...

Selama kunjungan, Anda akan didampingi oleh tour guide yang terdiri dari anggota Kowad, Kowal, Wara, dan Polwan.

***

Istana Merdeka akan dibuka untuk wisata gratis mulai 24 Mei 2008. Tapi tidak dibuka setiap hari, melainkan hanya Sabtu dan Minggu, mulai pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB. Sedangkan untuk pendaftaran ditutup sampai pukul 15.00 WIB.

Tetapi, sebelum berkunjung, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu persyaratan dan tata tertib wisata Istana.

Persyaratan pengunjung:

1. Membawa kartu identitas asli (KTP, Kartu Pelajar/Mahasiswa, Paspor, atau ID).

2. Berpakaian rapi (tidak memakai jeans, celana pendek, kaos oblong dan sandal, kecuali anak dibawah 12 tahun dan berseragam sekolah).

3. Berperilaku sopan dan menghargai lingkungan Istana Kepresidenan sebagai tempat tinggal Presiden dan keluarganya, serta tempat kerja Presiden sehari-hari.

4. Pengunjung wajib mematuhi semua peraturan yang ditetapkan oleh Istana Kepresidenan.

5. Pengunjung wajib memenuhi pengaturan yang dilakukan oleh petugas.

Tata Tertib Pengunjung Wisata Istana:

1. Dilarang membawa senjata api, senjata tajam, bahan peledak dan benda-benda lain yang membahayakan.

2. Dilarang membawa tas, makanan, minuman di dalam lingkungan Istana Kepresidenan.

3. Dilarang merokok di dalam lingkungan Istana.

4. Dilarang mengaktifkan & menggunakan handphone selama berada dalam lingkungan Istana.

5. Dilarang menggunakan kamera di dalam lingkungan Istana, kecuali oleh fotografer resmi Istana, fotografer Istana telah disediakan termasuk pemrosesannya

6. Dilarang melakukan aktivitas politik dalam bentuk apapun selama mengikuti tur.

7. Dilarang melakukan orasi atau demonstrasi, menggelar poster atau spanduk, atau penyebaran pamplet selama melakukan tur.

8. Dilarang menggunakan busana atau atribut dengan tulisan, atau gambar, atau simbol, atau bentuk yang patut diduga sebagai perwujudan butir 7 dan 8.

9. Dilarang membuat keributan, kegaduhan, keonaran di dalam lingkungan Istana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar